aizmer.com merupakan blog informasi terkini semoga kalian bisa mendapatkan informasi menarik dari blog ini.

Jumat, 20 November 2020

Berikut 4 Cara Pemulihan Pasca Stroke Ringan

Stroke merupakan penyakit yang dikenal sebagai silent killer. Penyakit ini menyerang syaraf otak yang mempunyai akibat yang fatal untuk penderitanya. Dimana ketika terserang stroke akan dapat untuk membunuh secara diam-diam atau juga dapat untuk membuat penderitanya cacat dan mengalami kelumpuhan otak. Setelah terserang stroke, Anda bisa untuk melakukan pemulihan pasca stroke yang bisa menggunakan berbagai macam terapi yang dapat digunakan. Adapun untuk berbagai jenis terapi yang dapat digunakan adalah terapi memori, terapi bicara, terapi kognitif, hingga juga terapi psikologis. Dengan berbagai jenis terapi tersebut akan membuat pasien mempunyai kualitas hidup yang lebih baik dan membantunya untuk mengembalikan kemampuan yang hilang pasca terjadi serangan stroke.

 

Selain penyakit stroke yang mempunyai bahaya membuat kelumpuhan hingga kematian, ada juga stroke ringan. Penyakit ini juga dikenal dengan transient ischemic attack yang merupakan stroke ringan. Penyakit ini mempunyai beberapa gejala yang bisa menjadi tanda yang dapat dikenali. Mulai dari perubahan pada indra, perubahan kewaspadaan, perubahan mental, mengalami masalah otot, pusing hingga kehilangan keseimbangan dan koordinasi, dan juga mengalami masalah syarat seperti mati rasa atau kesemutan. Stroke ringan ini tentunya tidak bisa diabaikan dan harus diatasi untuk mencegah penyakit yang lebih serius. Adapun untuk beberapa cara pemulihan yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut ini:

Berikut 4 Cara Pemulihan Pasca Stroke Ringan
 

  1. Perubahan gaya hidup

Cara pertama untuk mencegah penyakit yang lebih serius dan juga langkah pemulihan stroke ringan adalah dapat dengan mengubah gaya hidup yang dipunyai. Stroke dapat terjadi karena mempunyai gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itulah untuk menghindari hal tersebut maka perlu untuk mengubah gaya hidup yang dipunyai menjadi lebih baik dan sehat. Dengan mengubah gaya hidup ini akan bermanfaat untuk mengurangi resiko gejala stroke ringan. Seperti beberapa cara yang dilakukan adalah dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat yang gizinya seimbang, dan juga berhenti merokok.

 

  1. Menggunakan obat-obatan

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala stroke ringan yang dipunyai adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Anda bisa untuk menggunakan obat-obatan sebagai salah satu terapi yang dapat untuk mengurangi resiko gejala menjadi penyakit yang lebih parah. Anda bisa untuk mengambil obat-obatan yang disarankan dokter, sehingga bisa untuk melakukan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu di rumah sakit atau klinik. Misalnya saja untuk beberapa jenis obat-obatan yang bermanfaat adalah yang dapat mengurangi pembekuan darah dan juga bisa mengencerkan darah.

 

  1. Menyingkirkan infeksi

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menyingkirkan infeksi. Cara ini akan dapat untuk menghindari terjadinya gejala yang lebih parah. Karena menurut ahli dari American Stroke Association pemeriksaan menyeluruh sangat dibutuhkan untuk dapat mengetahui penyebab terjadinya penyakit ini. Dimana untuk penyebab yang paling sering diketahui adalah dari adanya infeksi, sehingga perlu adanya menyingkirkan infeksi seperti vasculitis dan diseksi arteri karotis.

 

  1. Operasi

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk dapat menghindari penyakit yang lebih parah sehingga tidak perlu untuk melakukan pemulihan pasca stroke adalah dengan operasi. Bagi yang mempunyai stroke ringan bisa untuk melakukan operasi apabila dibutuhkan. Dimana operasi tersebut sangat dianjurkan untuk yang mengalami penyumbatan arteri leher. Sehingga hal tersebut akan bermanfaat untuk menghentikan penyumbatan yang di terjadi. Prosedur operasi yang bisa dipilih untuk mengatasi hal ini adalah dengan prosedur endarterektomi yang bisa dilakukan di rumah sakit.

Share: